Cara Daftar Membuat Akun Email GMail Terbaru Lengkap

Sebelum saya uraikan bagaimana Cara Daftar Membuat Akun Email GMail Terbaru Lengkap, saya akan coba bahas sedikit tentang apa itu email ?, Email Bisa diibaratkan sebagai sebuah Surat Elektronik yang bisa dikirim dan diterima melalui jaringan internet secara online, dalam khidupan offline ketika kita ingin mengirim surat maka alternatif terbaik adalah memakai jasa kantor pos, surat yang kita kirim akan sampai ke tempat alamat yang dituju, begitu juga untuk menerima surat biasanya akan diterima dari pakpos kealamat dimana kita berada, artinya ketika kita berbicara kirim mengirim surat, maka pasti ada alamat tujuan, biasanya alamat kantor atau alamat sebuah rumah.

Hampir mirip dengan Surat menyurat secara offline, Namun Email atau surat elektronik, menyediakan banyak sekali kelebihan jika dibanding dengan surat offline, dengan email, kita bisa langsung mengirim surat ke alamat yang dituju, dan juga menerima surat ke alamat email kita,  dan hebatnya lagi email saat ini bukan hanya ditujukan untuk saling kirim mengirim surat namun fungsinya lebih dari itu, email bisa digunakan untuk mengirim dokumen atau data elektronik, seperti tugas kuliah dalam format microsoft word, gambar, video dan lain sebagainya, sehingga keberadaan email saat ini dapat digunakan dan jauh lebih efektif jika dibandingkan dengan surat offline.

Cara Daftar Membuat Akun Email GMail Terbaru

Agar anda dapat menggunakan email maka anda harus memiliki alamat email terlebih dahulu, untuk memiliki alamat email anda bisa daftar di situs-situs penyedia layanan email, untuk saat ini banyak sekali situs gratis yang menyediakan layanan email, beberapa yang paling populer adalah Google mail atau GMail, Yahoo mail atau YMail dan satu lagi hotmail, ketiga layanan email diatas gratis dan anda bisa melakukan registrasi atau daftar dengan sangat mudah sekali, perbedaan ketiganya adalah alamat yang akan kita miliki akan disesuaikan dengan alamat situs dimana kita daftar, jika kita membuat email di Google Mail, maka alamat email kita akan berakhiran @Google.com, Jika menggunakan layanan Yahoo Mail, maka alamat Email yang akan kita miliki akan berakhiran @Yahoo.com, dan jika menggunakan situs Hotmail, maka alamat email yang akan kita miliki akan berakhiran @Hotmail.com

Langkah-Langkah Cara Daftar Membuat Akun Email GMail Terbaru

Pada artikel kali ini saya akan coba bahas bagaimana langkah-langkah Daftar membuat akun email GMail terbaru, sehingga bisa anda jadikan panduan untuk membuat email google, sebagai berikut:

Mengisi Biodata Pendaftar

a. Buka situs mail.google.com Akan terbuka seperti gambar dibawah ini:

Cara daftar membuat akun GMail Terbaru


b. Silahkan klik Link Buat Akun, seperti gambar diatas, maka anda akan dibawa ke halaman registrasi google mail, terlihat seperti gambar dibawah ini:

Cara membuat email Google terbaru


Petunjuk pengisian data adalah sebagai berikut:

1. Nama Depan: isi dengan nama depan anda

2. Nama Belakang: Isi dengan nama belakang anda, jika tidak punya gunakan saja tanda -

3. Pilih Nama pengguna Anda: silahkan anda masukan alamat email yang akan anda gunakan, ini nantinya akan menjadi alamat email anda dan anda bisa masukan apapun namun yang mudah diingat dan dibaca, sehingga mudah dihapal orang lain dan tidak membingungkan.
Jika ada peringatan seperti gambar dibawah ini,

buat email google
Itu artinya alamat yang anda masukan sudah anda yang menggunakan, maka silahkan anda ganti lagi dengan alamat lainnya. sampai anda menemukan alamat yang belum digunakan.

4. Buat Sandi : Silahkan masukan password yang anda inginkan, lebih panjang lebih baik, sebaiknya gunakan kombinasi angka, huruf dan juga karakter khusus seperti #& dll

5. Konfirmasi Sandi Anda, masukan lagi password anda. (ingat password jangan sampai lupa, silahkan anda catat jika perlu)

6. Tanggal Lahir: Silahkan masukan tanggal lahir anda dengan memilih tanggal bulan tahun.

7. Gender: silahkan pilih jenis keIamin anda.

8. Ponsel Masukan No Ponsel Anda, (Anda diharuskan memasukan no ponsel), ini untuk konfirmasi anda bisa gunakan ponsel, kaka, ibu, ayah, no hp biasanya akan berguna untuk keamanan akun jika lupa password dikemudian hari

9. Alamat email anda saat ini, boleh dikosongkan jika tidak punya, atau bisa anda isi dengan alamat email yang anda punya sebelumnya jika ada, alamat ini biasanya akan dijadikan sebagai keamanan untuk recovery jika anda lupa password dikemudian hari.

10. Ketik Texts: Masukan text yang terlihat pada gambar

11. Lokasi: Silahkan pilih Indonesia

12. Centang Saya menyetujui persyaratan layanan dan kebijakan privasi google

Jika data yang diminta sudah anda isi, silahkan tekan tombol "Langkah berikutnya" untuk memproses pendaftaran email anda.

Langkah Konfirmasi

Anda akan dibawah ke halaman konfirmasi pendaftaran email anda, akan terlihat seperti gambar di bawah ini:
cara membuat email

Siahkan masukan no hp jika diminta, kemudian silahkan pilih Pesan Teks (SMS), kemudian tekan tombol Lanjutkan.

Google akan mengirimkan Kode Konfirmasi ke No Ponsel yang anda gunakan, kode tersebut nanti akan digunakan untuk melakukan konfirmasi pada halaman seperti terlihat pada gambar dibawah ini:

daftar email

Silahkan masukan kode yang dikirim google ke ponsel anda, kemudian tekan tombol Lanjutkan, untuk kehalaman selanjutnya.

Sampai tahap diatas sebenarnya anda sudah sukses membuat email di Google atau Gmail, anda akan disajikan halaman selamat datang, silahkan tekan tombol Lanjutkan ke Gmail, untuk masuk ke halaman utama akun email anda.

Sekarang anda sudah mengakses halaman utama email anda, anda bisa membuat dan mengirim email baik dalam bentuk pesan text, gambar, video dan gabungannya, ataupun menerima email dari teman kerabat atau kantor anda.

Cara daftar email sebenarnya sangat mudah sekali, namun untuk orang yang awam mengenai dunia internet tentu setidaknya perlu referensi sehingga lebih memudahkan mereka ketika melakukan pendaftaran email gmail. semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar