Cara Daftar BPJS Kesehatan Secara Online Terbaru

Tahukah anda apa itu BPJS Kesehatan? BPJS Kesehatan adalah Badan Penyelenggara Jaminan Sosial kesehatan, yaitu program kesehatan yang digalakan pemerintah dengan biaya yang cukup terjangkau bagi siapapun. untuk ikut program BPJS maka anda harus melakukan regstrasi atau pendaftaran dengan syarat-syarat tertentu.

Ada 2 jenis Cara Daftar BPJS, yang pertama secara offline, anda bisa datang ke kantor BPJS setempat yang ada di kota anda dan yang ke dua secara online, dengan Menggunakan Internet, Awalnya pendaftaran BPJS hanya dilayani secara offline, anda harus datang ke kantor BPJS terdekat di kota anda dengan membawa persyaratan-persyaratan yang diminta, namun karena pendaftaran BPJS secara offline boleh dibilang sangat lama dan harus rela antri dan harus menunggu dalam waktu yang tidak sebentar, pemerintah memberikan alternatif terbaru yaitu dengan menyajikan pelayanan pendaftaran resmi BPJS Kesehatan secara online.

Pendaftaran BPJS secara online memberikan beberapa keuntungan dan kelebihan jika dinadingkan dengan Offline, Daftar BPJS secara online terbilang cukup Cepat dan bisa di lakukan dimanapun, yang penting ada koneksi internet, anda bahkan bisa melakukan pendaftaran dirumah anda, sehingga anda tidak perlu antri, menunggu lama, dan proses pendaftaranpun bisa sangat cepat.

Daftar BPJS Kesehatan secara online


Lantas Bagaimanakah lagkah-langkah cara daftar BPJS online dan apa saja syaratnya?

Di Artikel kali ini saya akan jelaskan mengenai langkah-langkah prosedur cara daftar BPJS secara online terbaru secara lengkap.

Langkah-Langkah Daftar BPJS Online Terbaru

Sebelum mendaftar BPJS secara online, berikut syarat-syarat yang harus anda persiapkan:

Syarat yang harus dipersiapkan:

1. Alamat Email dan No HP

2. Rekening Bank (BRI, BNI atau mandiri), Jika anda kebetulan tidak mempunyai rekening, anda bisa menggunakan rekening bank saudara, adik atau kakak, rekening bank ini akan digunakan untuk pembayaran iuran bulanan BPJS.

3. Kartu Keluarga (KK)

4. KTP

5. Kartu NPWP jika ada


Cara Daftar BPJS Online:

1. Kunjungi situs resmi BPJS online untuk melakukan pendaftaran http://bpjs-kesehatan.go.id

2. Pilih Menu Layanan > Pendaftaran Peserta, terlihat seperti gambar dibawah ini:

Cara daftar BPJS Kesehatan terbaru secara online

 3. Pada tampilan berikutnya, Anda akan disajikan halaman syarat dan ketentuan, silahkan anda baca dengan seksama, jika setuju, scroll dan lihat dibagian bawah, silahkan centang pilihan

Saya menerima dan menyetujui Syarat dan Ketentuan layanan pendaftaran BPJS Kesehatan 

Kemudian silahkan anda tekan tombol "Pendaftaran", maka akan disajikan form isian seperti gambar dibawah ini:

Cara Daftar BPJS Secara Online

Isi Data yang diminta sebagai berikut:

a. Jenis kepesertaan : Anda bisa pilih Antara Pekerja bukan penerima upah (Pilih ini Untuk pribadi) atau Bukan Pekerja, untuk Investor.
b. Keterangan: sudah diisi otomatis, anda bisa tambahkan jika memang diperlukan
c.Nomor Kartu Keluarga: Silahkan masukan nomor kartu keluarga, sesuai yang tertera di KK
d. Masukan Kode Gambar Yang muncul warna ungu, seperti terlihat digambar diatas.
e. Centang "Dengan ini saya menyatakan untuk mendaftarkan diri beserta anggota keluarga
f. Tekan tombol "Inquery Kartu Keluarga" untuk diproses.

Silahkan ikuti tahap-tahap pendaftaran selanjutnya, dengan memasukan data yang diminta

Anda nanti akan diminta untuk memilih kelas, hati-hatilah dalam memilih kelas, Ada 3 kelas yang

Kelas 1, kelas 2 kelas 3, iuran bulanan ketiga kelas tersebut berbeda-beda dan fasilitasnya juga berbeda

4. Dapatkan email Notifikasi.
Setelah pendaftaran selesai anda proses, nanti anda akan mendapatkan email notifikasi ke email yang anda gunakan untuk mendaftar, Silahkan lakukan konfirmasi, dan print lembar akun pendaftaran anda.

5. Lakukan Pembayaran melalui transfer bank
Anda akan diminta untuk melakukan transfer iuran bpjs pertama sebesar sesuai dengan kelas yang anda ambil, silahkan lakukan transfer di bank gunakan No registrasi yang sudah anda dapatkan melalui pendaftaran vis online, dan ingat simpan bukti transfer.

Transfer bpjs menggunakan antarmuka khusus dan berbeda dengan transfer antar bank, jika anda bingung ketika transfer anda bisa bertanya ke satpam setempat. gunakan bank dengan penjagaan yang baik untuk meminimalisir penipua.

6. BPJS Anda akan otomatis aktif.
Anda bisa mengambil kartu bpjs di kantor bpjs setempat, dengan membawa syarat dan bukti transfer. tidak lama biasanya untuk mengambil kartu ada pelayanan khusus berbeda dengan pelayanan pendaftaran.


Yang harus diperhatikan ketika daftar BPJS:
Daftar BPJS sebaiknya dilakukan di awal bulan, agar rentang pembayaran tidak terlalu cepat, karena pembayaran harus dilakukan setiap tanggal 10 setiap bulan, jika tidak dilakukan maka BPJS anda akan dinon aktifkan dan tidak berlaku.

Perbedaan Kelas BPJS antara kelas 1,2,3 hanya terletak dari pelayanan non medis saja, sedangkan dari sisi medis, obat, tindakan medis, semuanya sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar